Materialistik dan Materialisme

Saat berbincang dengan teman dari luar sana,saya sedikit terkejut mendengar dia berkata “my religion is money”.Tetapi setelah sesi brainstorming (opo meneh….) saya sedikit terbuka tentang apa yang beliau bilang.Beliau memberikan ulasan ,fakta dan teori yang relavan dengan masa kini.Dia bilang,bila manusia mau jujur sejujur jujurnya…..itu adalah fakta…….

Sedikit mengulas tentang Materialime menurut bang wikipedia,Materialisme adalah pandangan hidup yang mencari dasar segala sesuatu yang termasuk kehidupan manusia di dalam alam kebendaan semata-mata dengan mengesampingkan segala sesuatu yang mengatasi alam indra.

Ini sedikit cerita tentang gaya hidup masa kini,saya sangat terheran heran melihat seorang wanita baru saja kehilangan hpnya menangis tersedu sedu dan dilain pihak dia tidak tergerak hatinya melihat warga Aceh teertimpa tsunami….Ini membuktikan wanita ini sangat tergantung pada materi.

Perlu dicatat, materialistis dan materialisme adalah dua pengertian yang berbeda.

Materialisme adalah falsafah atau paham yang berpendapat bahwa kebenaran itu terletak pada benda. Artinya, segala sesuatu itu benar apabila secara materi dapat dilihat nyata. Sebagai bangsa yang agamis, tentunya kita tidak mungkin menganut paham ini. Pancasila sebagai falsafah bangsa tegas menolak paham meterialisme, karena paham ini beranggapan bahwa sesuatu yang tidak nyata, itu tidak ada. Paham ini tidak mengakui adanya Tuhan karena dianggap tidak nyata.

Sedangkan materialistik adalah watak yang diwujudkan melalui sikap hidup yang mendambakan materi, ingin menguasai dan memilikiĀ banda. Walaupun beragama, seseorang bisa saja menjadi materialistik.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 316 other followers

%d bloggers like this: