Marketing lagi…

Setiap hari kita selalu disuguhi kata kata marketing,dan untuk mencari definisi dari marketing itu sendiri sangatlah sulit.Karena marketing adalah sebuah proses yang dinamis.Salah satunya yang menjadi rujukannya adalah definisi dari AMA (The American Marketing Association), memuat Marketing is an organizational function and a set of processes for creating, communicating, and delivering value to customers and for managing customer relationships in ways that benefit the organization and its stakeholders.

Tetapi dengan adanya proses interaksi dari konsumen dengan adanya internet,dimana konsumen dapat mencari informasi dan membandingkan berbagai produk dengan langsung maka AMA akhirnya membuat definisi baru dari marketing itu sendiri.Marketing is the activity, set of institutions, and processes for creating, communicating, delivering, and exchanging offerings that have value for customers, clients, partners, and society at large

Atau dalam bahasa Indonesianya kurang lebih berarti marketing adalah pelaksanaan kegiatan usaha perdagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.(maaf kalo keliru….).

Ada tiga hal yang berubah di definisi tersebut.

Pertama, marketing bukan lagi functions, tapi activity.

Kedua, marketing bukan hanya proses untuk creating, communicating, delivering, tetapi juga proses untuk exchanging. Perubahan ini saya duga karena dipicu oleh semakin menguatnya posisi konsumen karena Internet.

Ketiga, target market marketing bukan hanya customers, clients dan partners, tetapi juga masyarakat luas (society at large).

Dan dari dalam negeri mister Hermawan Kertajaya mengatakan Marketing adalah sebuah konsep strategis yang bertujuan untuk meraih kepuasan yang berkelanjutan bagi ketiga stakeholder utama: customer, people dan shareholder.

Dan saya mencoba memuat tentang sepuluh konsep marketing dari Mister Hermawan Kertajaya meliputi:
1.Cintai pelanggan anda, hormati pesaing anda
2.Peka terhadap perubahan, siap untuk berubah
3.Jaga nama bisnis anda untuk menjelaskan siapa anda
4.Pelanggan adalah penggerak, pergi kepada siapa yang benar-benar membutuhkan anda
5.Selalu tawarkan produk yang bagus dengan harga bersaing
6.Selalu ada saat dibutuhkan dan sebarkan berita bagus
7.Dapatkan pelanggan anda dan tumbuh bersamanya
8.Apapun bisnis anda adalah pelayana
9.Selalu tinjau proses bisnis anda dari segi kualitas, harga dan pengiriman
10.Dapatkan informasi yang relevan tetapi buat keputusan berdasarkan kebijaksanaan anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: