Legionnaire Disease attack…

Saat melintasi pelataran parkir RSUP Sanglah Denpasar,saya melihat sebuah banner yang cukup menyedot perhatian saya.Bukan karena bentuk atau warnanya,tetapi isi dari banner itu yang memuat kata kata “mengenal penyakit legionnaire”  uuuupsss….penyakit apa lagi ini.Bergegas saya gogling untuk mencari info tentang penyakit tersebut.

Penyakit Legionnaire (Legionella pneumonia; Pontiac fever)adalah suatu infeksi saluran pernafasan akut yang disebabkan oleh bakteri Legionella pneumophilia dan spesies lainnya dari Legionella; yang bisa menyebabkan serangkaian penyakit, mulai dari batuk ringan dan demam sampai pneumonia.Penyebabnya adalah bakteri Legionella pneumophilla dan spesies lainnya dari Legionella.
Bakteri ini ditemukan di dalam sistem pengaliran air dan bisa bertahan di dalam sistem penyejuk udara yang hangat dan lembab di gedung-gedung perkantoran, termasuk rumah sakit. Karena itu jika organisme ini menyebar melalui sistem penyejuk udara di hotel atau rumah sakit, maka bisa terjadi wabah yang luas.

DIAGNOSIS

Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan berikut: Pemeriksaan fisik dengan menggunakan stetoskop akan terdengar suara ronki halus
Pemeriksaan dahak dengan pewarnaan DFA (direct fluorescent antibody) menunjukkan adanya Legionella
Biakan bakteri dari saluran pernafasan
Tes urin antigen menunjukkan hasil positif
Rontgen dada menunjukkan adanya pneumonia
Analisa gas darah arteri menunjukkan rendahnya konsentrasi oksigen
Hitung jenis darah menunjukkan adanya peningkatan jumlah sel darah putih
Laju endap darah meningkat
Natrium serum rendah.

Dari hasil riset laboratorium, bakteri Legionella ternyata bisa hidup di alam bebas, seperti di kawasan industri dan sumber-sumber air di kawasan wisata. Bakteri itu bisa hidup dengan baik terutama di air yang hangat dan tidak mengalir.

Karena itu, bak-bak penampungan air hangat, sungai-sungai kecil dan situ-situ yang tidak mengalir airnya menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi bakteri ini. Tetapi di tempat-tempat yang bersuhu dingin seperti alat pendingin ruangan (AC) juga bisa jadi sarang bakteri ini.

Orang biasanya terjangkit penyakit Legionellosis setelah menghirup aerosol (uap air) yang mengandung bakteri Legionella. Uap air yang mengandung bakteri itu bisa datang dari alat-alat pemanas air, shower atau AC yang ada di rumah-rumah penduduk, tempat-tempat umum bahkan rumah sakit.

Karena bakteri Legionella bisa terhirup oleh banyak orang, maka dia bisa mendatangkan wabah yang menyerang serentak seperti terjadi di Philadelphia pada 1970-an. Ketika sekelompok orang secara serentak menghirup uap air yang mengandung bakteri ini dari AC misalnya, maka sekelompok orang itu serentak bisa jatuh sakit.Legionnaire desease mulai diperkenalkan pada 1976 ketika radang paru-paru (pneumonia) menyerang secara serentak para pensiunan tentara AS yang sedang menghadiri pertemuan di Philadelphia. Jadi dari sejarahnya, penyakit ini jelas punya kaitan dengan para veteran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: