New Wave

Bagi generasi lawas,new wave adalah musik.Pada era 80-an sungguh sulit membedakan antara punk dengan new wave.Dilihat dari musiknya,new wave lebih ceria tidak seperti punk yang cenderung berisi masalah sosial.Ini tidak terlepas dari era 70-an dimana punk adalah sebuah perlawanan.

Dan sekarang New wave lebih mengarah ke marketing dengan motto: the world is still round.The market is already flat.Tokoh Indonesia yang paling berperan dalam teori ini tentunya mister Hermawan Kertajaya.New wave marketing adalah marketing yang serba horizontal,dimana menempatkan customer sejajar dengan produsen yang lebih mengarah ke mitra kerja.

Krisis besar yang melanda dunia ekonomi pada tahun 2008-2009 sesungguhnya merupakan bentuk lain dari keruntuhan era kapitalisme.Dalam gelombang krisis 2008-2009 dimana dunia bisnis sangat penuh dengan etika bisnis yang compang-camping, sangat terasa bahwa kejujuran merupakan “resources” yang semakin langka bagi perusahaan. Godaan untuk melakukan bisnis secara tidak jujur sedemikian kuat hingga tak banyak perusahaan yang mampu melakukannya.

Dalam MarkPlus Conference 2010 ini kembali Hermawan Kertajaya mengajak para pelaku bisnis Indonesia untuk melakukan pergeseran mendasar dalam pola bisnis terutama Marketingnya.

Perusahaan harus bertransformasi dari Intelektual (marketing 1.0) menuju emosional (marketing 2.0) dan akhirnya  ke human spiritting (marketting 3.0)

Dikatakannya bahwa sehebat apapun strategi bisnis yang dijalankan, secanggih apapun perangkat yang dimiliki, semuanya tidak akan ada gunanya kalau tidak dilandasi nilai-nilai spiritualitas yang kokoh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: