Bunga Kredit

Beberapa hari  terakhir ini saya dikejar oleh beberapa orang marketing dari sebuah bank terkenal di Indonesia, yang menawarkan beberapa jenis kredit dengan bunga yang menggiurkan ditambah beberapa bonus perjalanan wisata ke luar negeri.Beberapa istilah yang dipakai untuk sistem bunga membuat pusing dari bunga flat, fixed, floating, intensif, regular,dan kompromi(ngaco….)

Kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam atara bank dengan pihak lain, yang mewajibkan pihak pinjam meminjam untuk melunasi hutangnya setelah jangka waktu tertentu dengan sejumlah bunga imbalan atau pembagian hasil keuntungan.

Berdasarkan perhitungan atas pokok kredit sistem bunga  dibedakan menjadi sistem bunga flat,efektif dan anuitas.

1.Bunga Flat , jumlah pembayaran pokok dan bunga kredit besarnya sama setiap bulannya.Diperuntukkan bagi kredit jangka pendek.

2.Bunga Efektif, jumlah perhitungan bunga dihitung setiap akhir periode pembayaran angsuran berdasarkan saldo pokok.Beban bunga setiap bulannya akan berkurang karena pokok utang berkurang.

3.Bunga Anuitas, prinsipnya sama seperti bunga efektif tetapi memiliki rumus anuitas yang menetapkan besarnya cicilan sama secara terus menerus sepanjang waktu kredit.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: