Psywar vs Hacktivist

Psywar merupakan suatu bentuk perang yang melibatkan bentuk bentuk ketakutan dari manusia itu sendiri.Sebenarnya manusia itu terdiri dari 75% rasa takut itu sendiri.Dalam Psywar ,pihak lawan memanfaatkan ketakutan lawan sebagai senjata untuk melemahkan mental lawan.Dan situs Wikileaks adalah suatu bentuk psywar terhadap kedigdayaan bangsa Amerika.

Camkanlah the real batlefields is the mind…..

Ada dua macam bentuk peperangan; perang konvensional dan perang urat syaraf atau psywar. Bentuk pertama, penyangga kekuatan utama adalah dengan senjata yang didesain oleh jajaran ahli dengan dukungan segenap prestasi. Dalam perang konvensional yang belakangan lebih jauh canggih, rumit dan halus, siapa sangka jika awalnya terkadang dimulai dengan perang yang menggunakan kanal-kanal ilmu dan pengetahuan, dikenal dengan istilah perang urat syaraf atau psywar. Dalam perang bentuk kedua, dalam dunia modern, bukan saja menjadi ujung tombak perang konvensional, tapi justru menjadi basis strategi.

Di berbagai tempat dan waktu, ketika tidak ada rasionalitas untuk memulai perang konvensional, fungsi  perang urat syaraf itu sesegera mungkin dilancarkan. Kekuatan dan dampak psikologisnya bisa berakibat fatal atau genosida atas sebuah bangsa beserta kandungannya. Inilah cara untuk meraih kemenangan jika perang konvensional nantinya tidak mungkin dilakukan atas sebuah negara.

To anticipate, to detect, to identify, and to forewarn adalah fungsi fital dari operasi psywar. Karena itu, biasanya kanal-kanal ilmu pengetahuan, penelitian, media massa, jejaring sosial menjadi basis utama dalam melancarkan operasi ini. Untuk mencapai sasaran target, mula-mula langkah awal adalah meluruhkan kepercayaan, mental, emosi, motif, pemikiran dan perilaku melalui canggihnya teknologi informasi atas sebuah bangsa. Karenanya target utamanya adalah psikologis manusia yakni pikiran, cara pandang, cara berfikir dan bertindak.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: