Emotional Abuse

Perlakukan kekerasan adalah perbuatan kejam di mana seseorang merendahkan orang lain dengan cara mendominasi dan mengendalikan perasaan dan pikiran secara paksa, ancaman dengan paksaan, perkataan menghina dan makian, intimidasi, manipulasi, isolasi dan perasaan bersalah. Pada kasus kekerasan emosional, seseorang biasanya dipaksa secara verbal yang disertai dengan kritik terus-menerus, penolakan, dan gertakan. Bila dibandingkan dengan kekerasan fisik, pengaruh kekerasan emosional dapat lebih merusak, dan efeknya pada perasaan si korban dapat berlangsung lama. Rasa takut yang terus menerus dari perlakuan kekerasan akan memperlemahnya dan akhirnya mematahkan spirit korban. Keberanian akan hilang dan kepercayaan diri akan melemah, begitu juga dengan harga diri. Korban akan terpukul secara emosional di mana keadaan mentalnya tidak mampu lagi melihat realitas situasinya dan ia akan menyalahkan dirinya untuk segala sesuatu. Korban biasanya tidak menunjukan bahwa mereka mendapat perlakuan kasar dan tidak pernah bicara tentang penyiksaan emosional yang sedang terjadi disebabkan karena malu dan takut. Dapat sangat sulit menentukan perlakukan kekerasan di dalam banyak kasus.

Trauma emosional dan psikologis adalah akibat peristiwa penuh tekanan yang luar biasa yang menggoyahkan rasa aman diri anda, membuat anda tidak berdaya dan rentan terhadap dunia yang berbahaya. Semakin takut dan tidak berdaya yang anda rasakan, kemungkinan semakin anda menjadi traumatis.

Peristiwa penuh tekanan yang memungkinkan menjadi traumatis jika :

  • Terjadinya secara tiba-tiba
  • Anda tidak siap dengan kejadiannya
  • Anda merasa tidak berdaya untuk mencegahnya
  • Terjadi  berulang-ulang
  • Dilakukan seseorang dengan sengaja
  • Terjadi pada waktu kecil

Tidak semua peristiwa traumatis mengarah pada kerusakan emosional dan psikologis yang permanen. Beberapa orang bangkit dengan cepat dari peristiwa yang paling traumatis dan kejadian yang mengejutkan. Sebagian lainnya dirusak oleh peristiwa tersebut, yang tampak di permukaan terlihat tidak berdampak apa-apa.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: