Life with Stranger

Corak komunikasi bisa dipengaruhi oleh sudut pandang “laki-laki dan perempuan”. Ada karakter yang tidak sama antara rata-rata lelaki dan perempuan dalam berkomunikasi dan mengungkapkan pendapat. Kebanyakan wanita memiliki kecenderungan yang lebih ekspresif dalam mengungkapkan keinginan dibandingkan lelaki, dan kebutuhan mereka akan komunikasi verbal lebih tinggi daripada lelaki.

Pada sisi yang lain, lelaki lebih cenderung menggunakan potensi akalnya, sedangkan wanita lebih cenderung menggunakan potensi perasaan dalam berkomunikasi. Tentu saja pilihan kosa kata dan pemaknaannya tidak selalu sama persis: antara pikiran lelaki dengan perasaan wanita.  Kadang mereka menggunakan kosa kata yang sama, akan tetapi memiliki pemaknaan yang berbeda. Jika perbedaan kecenderungan ini tidak dipahami dengan baik, akan bisa menjadi pemicu pertengkaran yang hebat, bahkan konflik yang berkepanjangan antara suami dengan isteri.

Apabila senjang komunikasi telah dirasakan dan tidak ada upaya penyelesaian yang kongkret, akan bisa berkepanjangan menjadi problem yang lebih sulit terpecahkan. Suami dan isteri berada dalam suasana hubungan yang kaku, tegang, formalistik dan mekanistik. Tidak ada kehangatan dan kemesraan dalam interaksi, yang ada adalah beban dan penderitaan. Rumah tangga tak ubahnya neraka bagi para penghuninya, dan tak memberikan kontribusi kebaikan bagi semua.

Mulailah hari-hari anda dengan komunikasi yang indah. Jangan awali hari-hari anda dengan penumpukan beban dan permasalahan, dengan benci dan kekesalan, dengan marah dan kejengkelan. Hari anda akan efektif dan menyenangkan, jika anda buka lembarannya dengan keindahan komunikasi bersama pasangan hidup anda, bersama seluruh anggota keluarga anda.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: