breaks your Hip Hop

Berbicara tentang genre musik yang ada sangatlah sulit untuk menjelaskan secara detail karena sebuah style akan terasa dan disadari telah muncul melawan suatu mainstream musik atau style yang telah ada.Seperti kata pepatah tidak ada yang abadi selain perubahan.Seperti halnya Hip hop,menurut saudara kita di wikipedia,Hip-hop adalah sebuah gerakan kebudayaan yang mulai tumbuh sekitar tahun 1970’an yang dikembangkan oleh masyarakat afro-Amerika dan Latin-Amerika. Hip Hop merupakan perpaduan yang sangat dinamis antara elemen-elemen yang terdiri dari MCing (Rapping),  Breakdance dan Graffiti. Belakangan ini elemen Hip Hop juga diwarnai oleh beatboxing, fashion, bahasa slang, dan gaya hidup lainnya.

Awalnya pertumbuhan Hip Hop dimulai dari The Bronx di kota New York dan terus berkembang dengan pesat hingga keseluruh dunia. Hip hop pertama kali diperkenalkan oleh seorang Afro-Amerika, Grandmaster Flash dan The Furious Five. Awalnya musik Hip Hop hanya diisi dengan musik dari seorang DJ dengan membuat variasi dari putaran disk hingga menghasilkan bunyi-bunyi yang unik. Rapping kemudian hadir untuk mengisi vokal dari bunyi-bunyi tersebut. Sedangkan untuk koreografinya, musik tersebut kemudian diisi dengan tarian patah-patah yang dikenal dengan Breakdance Pada perkembangannya Hip Hop juga dianggap sebagai bagian dari seni dan untuk mengekspresikan seni visual muncullah Graffiti sebagai bagaian dari budaya Hip Hop.

Hiphop fashion identik dengan cara berpakaian kaum afrika-amerika, carribia-amerika dan para pemuda- pemuda amerika latin . Dan nanti pada perkembangannya setelah dari New York akan merambah ke kota-kota dengan komunitas kaum minoritas terdekat . Setiap kota menyumbangkan bermacam kontribusi element dan style yang berbeda -beda pada perkembangan hiphop lifestyle di dunia pada saat ini. Hiphop fashion melambangkan sebuah ekspresi akan arti kebebasan di dalam dunia hiphop itu sendiri.

1.Akhir tahun 70an adalah era dimana hiphop baru saja lahir dan masih mencari jati diri, karena pada waktu itu yang masih sangat populer di kalangan kaum kulit hitam adalah disco,jadi gaya busananya juga tidak jauh bedanya dengan disco style.

2.Di masa masa akhir tahun 80an budaya hiphop sudah mulai menyebar, para B-boy udah batlle dengan hanya dengan tarian saja, ga pake tawuran seperti pada awal tahun 80an saat teritori dipertahankan oleh para street dancer ala gangster.Fashion para breaker sudah lebih simple dengan tetap mencirikan para streetdancer.

3.Pada awal 90 an dunia sudah mulai mengenal kebudayaan Hiphop tak terkecuali masyarakat kulit putih, bahkan di tahun 1991 sempat diadakan festival Hiphop fashion di paris dan diikuti oleh brand-brand fashion terkemuka seperti prada, dolce n gabbana, channel dan sebagainya.

4.Pada akhir 90 an sudah mulai banyak pencampuran culture dan budaya di hiphop karen hiphop telah menyentuh semua kalangan, kini hiphop bukan hanya menjadi hak milik kaum minoritas tapi menjadi bagian dari jati diri masyarakat amerika dan dunia,di sini sudah ada penggolongan style berdasarkan favorite dan strata sosial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: