Gaya Jadulmu..

Kita sering mendengar dan menggunakan kata kata vintage atau retro dalam menunjukkan sesuatu yang berhubungan dengan masa lampau atau kerennnya periode jadul.Dilihat dari karakteristik nya vintage dan retro memiliki perbedaan yang cukup signifikan .

KataVintage sebenarnya berasal dari kata VINT dan AGE, yang berhubungan dengan anggur/wine dimana kita ketahui bahwa wine semakin lama disimpan rasanya lebih nikmat dalam kondisi penyimpanan yang benar.Atau vintage merujuk kata cukup umur .Karena begitu luasnya arti kata vintage, maka disepakati vintage  adalah periode tahun 1920an -1970an

Retro adalah semangat menghadirkan/menampilkan/memvisualkan kembali nuansa/gaya-gaya lama.Menurut Longman Dictionary Of Contemporary English, pengertian ‘retro’ adalah deliberately using styles of fashion or design from the recent past.Jadi dari definisinya retro sangat luas dan tidak mempunyai periode waktu tertentu.

Tetapi dari penampilan visualnya masing masing memiliki ciri tersendiri.Retro menampilkan kesan hangat dan warna merah yang dominan, meciptakan suasana kuno dari poster atau foto tahun 80-an.

Sedangkan vintage terlihat jauh lebih tua dari retro. Vintage di dominasi warna hijau dan warna-warna pudar yang khas dari foto-foto di jaman dulu. Vintage membawa suasana dingin dan kuno.

Untuk lebih jelasnya kita bandingkan gambar dibawah ini.

RETRO                                                             VINTAGE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: