sexy dengan Fixie

Melihat dunia fashion sekarang ini bukan hanya yang melekat di badan aja tetapi juga meliputi segala yang kita pakai dari notebook, mobilphone dan juga kendaraan yang kita tunggangi. Dan merujuk ide tentang pemanasan global salah satu kendaraan yang ramah lingkungan adalah sepeda, dan berbicara tentang sepeda yang paling anyar adalah sepeda Fixie.

Kata Fixie berasal dari bahasa Inggris yaitu Fixed Gear atau gear roda belakang dibuat menyatu dengan as roda belakang.Jadi pedal sepeda akan ikut berputar saat roda perputar. Untuk mengerem atau mengurangi laju sepeda, cukup dengan menahan putaran pedal ke arah belakang (untuk yang tidak menggunakan rem depan). Untuk para penggayuh sepeda jaman lawas dikenal dengan istilah Doltrap.

Ada juga jenis sepeda yang memakai namanya Torpedo.Jangan salah pengertian dengan Torpedo,kalo torpedo adalah pedal masih bisa berhenti mengayuh saat roda belakang berputar. Persamaan antara fixie denga torpedo adalah untuk mengerem sama-sama dengan menekan pedal sepeda ke arah belakang. Banyak yang salah pasang gear ini sehingga keinginan membuat sepeda fixie justru malah jadi sepeda single speed dengan torpedo.

Hal lain yang mencirikan sepeda fixie adalah pada frame. Sebenarnya tidak ada aturan baku untuk frame ini. Ada yang menggunakan frame MTB, bahkan frame low rider. Namun kebanyakan menggunakan frame sepeda balap kuno, dengan fork (garpu depan) yang pipih. Mungkin menggunakan sepeda balap, tampilan akan lebih minimalis dan ramping.Untuk stang sendiri tidak lagi menggunakan stang model tanduk domba, kebanyakan menggunakan model stang lurus seperti model MTB. Untuk roda dan ban sendiri, menggunakan ban tipis dengan lingkar ban yang besar biasanya yang 27 inci. Warna ban dan velg pun dipilih warna-warna yang genjreng juga, putih, merah, kuning, dll.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: