Diantara Turis,Flashpacker dan Backpacker

Terinspirasi oleh buku The Naked Traveler yang sudah sampai tiga edisi,saya belum menemukan definisi  yang tepat untuk kata Backpacker.Blingsatan diantara kumpulan kata kata ,ditemukan lagi kata Flashpacker.Wow……tambah berantakan akhirnya.Menurut beberapa sumber yang terpercaya ada tiga karakter pelancong yang telah tumbuh subur di dunia ini yaitu Turis,Flashpacker dan Backpacker.

Kata Backpacker berasal dari kata Backpacking yang merujuk pada wikipedia menyebutkan  perjalanan ke suatu tempat tanpa membawa barang-barang yang memberatkan atau membawa koper. Adapun barang bawaan hanya berupa tas yang digendong, pakaian secukupnya, dan perlengkapan lain yang dianggap perlu. Biasanya orang yang melakukan perjalanan seperti ini adalah dari kalangan berusia muda, tidak perlu tidur di hotel tetapi cukup di suatu tempat yang dapat dijadikan untuk beristirahat atau tidur.

Sedangkan Turis menurut sang wikipedia adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi.Dan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia turis hanya merujuk pada kata pelancong atau wisatawan.

Menelaah kedua kata diatas diantara Backpacker dan Turis ini munculah kata Flashpacker.Jika Turis adalah kaum penggemar jalan-jalan yang tidak mau repot-repot mengurus  perjalanannya dan menyerahkan semuanya kepada biro perjalanan , maka Flashpacker lebih memilih untuk merencanakan jadwal dan agenda perjalanannya serta mengurus sendiri semua kebutuhan perjalanannya supaya dapat mendalami dan memahami suatu destinasi dengan lebih baik dan dalam waktu perjalanan yang lebih fleksibel.

Dan  Backpacker adalah kaum penggemar jalan-jalan yang mencintai kebebasan waktu tetapi sangat berorientasi kepada anggaran , maka Flashpacker juga mencintai kebebasan waktu tetapi lebih berorientasi kepada pengalaman  serta lebih menghargai kemudahan dan kenyamanan  sehingga lebih fleksibel dan moderat dalam hal pengaturan anggaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: